BP2DK, gelar Bimtek Tidak Seperti Biasanya!

BP2DK (Badan Prakarsa Pemberdayaan dan Kawasan) KabupatenTasikmalaya bekerjasama dengan Kemkominfo, BAKTI dan Pemkab. Tasikmalaya gelar Bimtek Pengelolaan Sistem Informasi Desa (SID) /Pandu Desa. Kegiatan ini terbagi ke dalam beberapa angkatan. Kegiatan tersebut diikuti oleh 351 desa se-Kabupaten Tasikmalaya. Untuk angkatan pertama diikuti oleh 50 Desa dari 4 Kecamatan yaitu Karangnunggal, Pagerageung, Cikalong, dan Cisayong dan setiap angkatan masing masing desa diminta mengirimkan 2 orang personil, 1 laki-laki dari aparat desa usia maksimal 35 tahun dan 1 perempuan dari non aparatur desa/BumDes maksimal usia 25 tahun.

Salah satu hal yang sangat penting dalam implementasi Informasi Desa adalah sumber daya manusia (SDM) sebagai bagian dari satu kesatuan sistem informasi desa (SID). Untuk itu BP2K, mempunyai kewajiban memberikan pendampingan dan penguatan atas tata kelola informasi dan data pembangunan di desa.

Bimtek Pengelolaan Sistem Informasi Desa tersebut dibuka oleh Dirjen Kemkominfo sekaligus Direktur BAKTI yaitu Bapak Dani Zanuar bertempat di Desa Mandalamekar Kec. Jatiwaras Kab. Tasikmalaya pada hari senin tanggal 27 Agustus 2018. Rencananya acara tersebut berlangsung selama 6 hari, mulai dari tanggal 27 Agustus s.d 01 September 2018. Turut hadir dalam pembukaan peresmian Bimtek system informasi desa diantaranya adalah staff khusus kepresidenan Bapak Teten Masduki, Setda Kab Tasikmalaya Bapak Iwan Saputra.

Namun ada hal yang berbeda dan tidak biasanya acara bimtek serupa, yakni biasanya bimtek dilaksanakan di hotel akan tetapi kali ini dilaksanakan di lingkungan desa mandalamekar, dengan fasilitas sederhana serta melibatkan seluruh warga masyarakat di sekitarnya. Hal ini pertama kali dilaksanakan acara tersebut, namun dalam keadaan serba sederhana acara bimtek kali ini cukup membuat peserta mendapatkan pengalaman baru dan perasaan senang, sangat puas termasuk penulis ssendiri. Berbagai inovasi-inovasi yang ada, sangat bangga serta mengapresiasi kepada panitia yang telah bekerja ekstra guna pelayanan terbaik bagi peserta bimtek.

Adapun Harapan-harapan di setiap kegiatan pelatihan bimtek, dapat memberikan hasil dan manfaat dalam peningkatan kualitas pembangunan serta pemberdayaan masyarakat desa. Dan secara khusus dapat mendukung serta menyukseskan pelaksanaan percepatan program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Tasikmalaya khususnya. Dan hal ini telah dilakukan oleh BP2DK dibawah naungan Bapak Irman M. selaku Direktur BP2DK Kabupaten Tasikmalaya sekaligus Direktur PT Bumades Pancamandala. Karena dengan menerapkan inovasi kegiatan Bimtek di lingkungan desa tidak di hotel-hotel, maka masyarakat sekitarpun akan berdampak terhadap pemberdayaan masyarakat serta dapat meningkatkan atau menambah penghasilan.

Bimtek Sistem Informasi Desa tersebut dilatarbelakangi oleh banyaknya system data base serta berbentuk online. Namun sayangnya masih banyak pemerintah desa agak sulit menggunakannya, bahkan memeliharanya sehinggga data yang tersimpan pada aplikasi tersebut hilang, sehingga akhirnya pihak pemerintah desa harus mengisi ulang data basenya kembali.

Dengan latarbelakang tersebut maka perlu dilaksanakan bimtek pengelolaan system informasi desa (SID) di Kabupaten Tasikmalaya dengan tujuan meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan pemahaman para perangkat desa dan non perangkat desa, sekaligus mendorong peran serta dan partisipasi masyarakat desa dalam implementasi Sistem Informasi Desa, sehingga SID ini dapat senantiasa berkembang dalam kehidupan masyarakat desa  (Irman)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan