Situ Batuhawu di Desa Cikupa, menyimpan Potensi Wisata, demi meningkatkan perekonomian warganya

Cikupa.sideka.id-Rabu, (26/09) Desa Cikupa merupakan daerah yang memiliki potensi alam cukup beragam. Mendatangi Desa ini seperti berkunjung ke tempat wisata. Hamparan sawah dengan latar belakang gunung menjadi pemandangan yang indah. Ciri khas masyarakat desa ini ramah,  murah senyum, rukun dan punya semangat bergotong royong. Mayoritas dari mereka bekerja sebagai petani dan buruh. Namun, ada satu tempat yang sangat menarik yaitu Danau Kecil atau Situ dalam bahasa sunda, namanya Situ Batuhawu.

Foto keadaan Situ Batuhawu Cikupa-Karangnunggal-Tsm, Foto ; Irman/ckp
Foto keadaan Situ Batuhawu Cikupa-Karangnunggal-Tsm, Foto ; Irman/ckp

Situ Batu Hawu ini terletak kurang lebih 1 km dari Kantor Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya tepatnya di Kp Irigasai Dusun Kendeng Desa Cikupa Kec. Karangnunggal Kab. Tasikmalaya, Situ ini memiliki potensi alam yang indah dan menarik. Tak hanya sebagai tempat rekreasi keluarga, Tetapi Situ ini menyimpan potensi wisata yang masih terpendam, yakni wisata air dan wisata lainnya.

Gambar Hanya Ilustrasi, Wisata Flying Fox
Gambar Hanya Ilustrasi, Wisata Air

Situ Batuhawu ini sudah ada semenjak dahulu, sebagai penyimpan cadangan air ketika musim kemarau datang. Warga datang ke situ ini untuk mengambil air, mencuci dan mandi. Seiringnya waktu, situ Batuhawu ini sekarang jarang sekali dipakai oleh warga, sehingga situ ini bisa menjadi tempat wisata. Upayapun  telah dilakukan yakni membangun TPT, di seluruh tepian situ ini. Dorongan dari berbagai pihak pun terlontarkan, agar Desa Cikupa mempunyai ikon wisata, guna meningkatkan aspek perekonomian warga, yakni salah satunya Situ Batuhawu ini. (Irman/ckp)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan