Optimalisasi Pembangunan Saluran Irigasi oleh P3A “Mandiri Cikupa Karangnunggal”, pada Desa Cikupa, Karangnunggal

Cikupa.sideka.id ǀ Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) “Mandiri Cikupa Karangnunggal” yang berada di Dusun Cikupa, Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Tasikmalaya, mendapat bantuan dari Pemerintah yang dipergunakan untuk pembangunan saluran irigasi sepanjang 342 meter, Jumat (5/10), yang terletak di Kp Wakaf Desa Cikupa Kec. Karangnunggal dengan anggaran Rp 195 juta.

“P3A “Mandiri Cikupa Karangnunggal” merupakan Perkumpulan Petani Pengguna Air dengan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kinerja irigasi Desa guna kesejahteraan petani, peningkatan ekonomi masyarakat sekitar, serta berkontribusi untuk ketahanan pangan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan partisipasi petani dalam perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi berdasarkan kebutuhan, dimana masyarakat dilibatkan dalam pembangunan irigasi”, ungkap Agus.

Saluran Irigasi sepanjang 342 m, Kp Wakaf Dusun Cikupa, foto ; omen/ckp
Saluran Irigasi sepanjang 342 m, di Kp wakaf, dusun cikupa, foto : omen/ckp

P3A “Mandiri Cikupa Karangnunggal”, merupakan salah satu bentuk perkumpulan petani dengan kegiatan yang dikhususkan pada pengelolaan dan pembagian air irigasi.

Dengan adanya kelompok P3A ini, penggunaan air irigasi menjadi lebih efisien, sehingga sangat membantu  petani pemakai air. Demikian diungkapkan Agus, Ketua P3A “Mandiri Cikupa Karangnunggal”, Jumat (5/10).. (Irman/ckp)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan