Kegiatan Posyandu Anggrek 1, pada Desa Cikupa, Karangnunggal

Cikupa.sideka.id ǀ Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang biasa dilaksanakan pada Desa Cikupa, Kec. Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Menurut Pantauan cikupa.sideka.id, Kali ini, Rabu (10/10) Kegiatan Posyandu di Posyandu Anggrek 1 di Dusun Cikaret. Kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu Anggrek I Dusun Cikaret, Desa Cikupa, meliputi Penimbangan Bayi, Kelas Ibu Balita, dan Imunisasi pada bayi. Posyandu yang berada di Desa Cikupa ada 6 buah, diantaranya Posyandu Melati 1 (Mekarsari), Melati 2 (Mekarjaya), Anggrek 1 (Cikaret), Anggrek 2 (Datarkadaka), Mawar 1 (Kendeng) dan Mawar 2 (Cikupa).

Ibu Bidan sedang memberikan pengarahan, pada kelas Ibu hamil dan balita, foto : Ibu Bidan Imas R
Ibu Hamil dan Balita tampak sedang mendengarkan pengarahan dari Bidan, foto : Ibu Imas R

Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat Cikupa di bidang kesehatan dengan penanggung jawab tertinggi Kepala Desa. Petugas kesehatan yang memfasilitasi kegiatan posyandu Desa Cikupa adalah bidan, Ibu Imas Ratnafuri. Desa Cikupa melakukan kegiatan posyandu dibagi berdasarkan jadwal setiap Dusun, maka setiap bulannya dilakukan kegiatan posyandu per-Dusun satu kali.

Kegiatan Imunisasi Bayi, pada Posyandu Anggrek 1, Kanan ke Kiri , Bidan Imas, Ibu Susi, foto : irman/ckp
Posyandu Melati 1, Dusun Mekarsari Desa Cikupa, Foto : Ibu Imas R

Posyandu merupakan salah satu Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang diselenggarakan dan dikelola dari, oleh, dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Tujuan dilaksanakannya Posyandu untuk mempercepat penurunan angka kematian bayi, anak balita, kelahiran. Selain itu, Posyandu diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan. (irman/ckp)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan