Nyirib! Kegiatan yang masih eksis di Desa Cikupa, Karangnunggal

Nyirib, di sungai di awal musim hujan, foto; yuda antasela

Nyirib adalah kegiatan menangkap ikan memakai alat yang namanya sirib, kegiatan nyirib ini ciri urang sunda dan masih eksis keberadaannya khususnya di Desa Cikupa, Karangnunggal, Tasikmalaya.

Ketika musim penghujan datang, bertempat di Sungai Kalapaciung Desa Cikupa, Karangnunggal, Sabtu (27/10), bersama-sama warga melaksanakan mencari ikan dengan nyirib di sungai.

Nyirib, di sungai di awal musim hujan, foto; yuda antasela

Dari kecil hingga dewasa, nyirib itu adalah kegiatan yang sering ditunggu-tunggu karena selain untuk hiburan, kita pun bisa bertukar kabar tentang kondisi masing-masing dengan sesama penghuni kampung, nyirib atau marak sejatinya sudah ada sejak era kerajaan-kerajaan Sunda berjaya. Selain untuk pemenuhan kebutuhan pangan sehari-hari, nyirib juga dilaksanakan sebagai bentuk upaya penguatan sosial dan solidaritas di kalangan masyarakat Sunda.

Aktivitas nyirib biasanya dilakukan ketika memasuki musim hujan, karena ikan-ikan dari cilangla naik ke sungai-sungai kecil. Pelaksanaan kegiatan ini pun termasuk merata. Artinya hampir sebagian besar masyarakat Sunda melakukannya, terutama mereka yang lingkungannya dekat dengan aliran sungai besar dan sedang. (irman/ckp)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan