Banjir dan Tanah Longsor, Terjang 4 Kedusunan di Desa Cikupa Karangnunggal

Sejumlah rumah warga terendam banjir, foto ; irman/ckp

Cikupa.sideka.id – Hujan deras sepanjang Senin (05/11), mengakibatkan 4 Kedusunan di Desa Cikupa Kec. Karangnunggal Kab. Tasikmalaya terendam banjir dan tanahh longsor. Keempat Dusun itu yakni Dusun Mekarjaya, Dusun Mekarsari, Dusun Cikaret dan Dusun Datarkadaka.

Menurut pantauan cikupa.sideka.id, banjir mulai merendam rumah warga sejak pukul 02.00 WIB dini hari. “Air tiba-tiba naik ketika saya sedang tidur terlelap dan sudah merendam depan halaman rumah” ungkap jajang, salaseorang warga yang rumahnya terendam. Rumah warga yang terendam bervariasi mulai dari 50 cm sampai dengan 2,5 meter.

Selanjutnya jalan lintas yang menghubungkan antar Dusun dan antar Desa di wilayah Kec. Karangnunggal pun ikut terendam. Bahkan kawasan jalan ini, bisa mencapai 2 sampai 3,5 meter atau lebih. “Banjir ini diakibatkan meluapnya air sungai dari Cilangla, dan kejadian ini pernah terjadi sekitar 15 tahun yang lalu” tambahnya.

Jalan Kabupaten Tergerus Tanah Longsor, di Dusun Datarkadaka, foto ; omen/ckp

Sementara itu, di Dusun Datarkadaka Desa Cikupa jalan Kabupaten sebagai akses pengubung antar Desa Cikupa – Cikapinis, Karangnunggal tergerus, akibat tanah longsor. Jalan ini tidak bisa dilewati oleh kendaraan roda empat atau lebih, namun untuk roda dua masih bisa dilewati namun perlu hati-hati, karena situasi jalan licin dan labil. Pada kejadian ini tidak ada korban jiwa.

Warga bersama aparat Pemerintah Desa, sedang membersihkan material tanah longsor, foto ; serly/ckp

Sejumlah warga yang terendam rumahnya mengungsi ke rumah tetangga, saudara ataupun kerabatnya yang tidak terendam. Kemudian Warga beserta aparat Pemerintah Desa dan BPBD, turut membantu evakuasi yang terendam banjir dan Tanah longsor dengan menggunakan perahu karet, rakit dan alat seadanya, membersihkan material lumpur dan batu. Warga berharap adanya perhatian dan bantuan dari Pemerintah, terutama berupa makanan cepat saji, selimut, pakaian, bahan pokok dan alat berat. (Irman/ckp)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan