Bupati Tasikmalaya Tinjau Langsung Tanah Longsor di Desa Cikupa, Karangnunggal

Bupati Tasikmalaya, Bapak H Ade Sugianto, sedang berbincang dengan Camat Karangnunggal Bapak Asep. M. Dahliana.STP.MM mengenai penanganan jalan Kabupaten yang longsor di Desa Cikupa, foto ; omen

Cikupa.siderka.id ǀ Bupati Tasikmalaya, Bapak H. Ade Sugianto bersama rombongan menin­jau bencana tanah longsor di Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (07/11). Dalam peninjauan ini, rombongan Bupati didampingi oleh muspika Karangnunggal, Camat Bapak Asep M. Dahliana, STP.MM, Kapolsek Bapak Kompol Kusna Djefri, Danramil  dan sejumlah LSM serta Ormas.

Saat tiba di lokasi longsor, mereka mela­kukan perbica­ngan untuk segera melakukan tindakan penanggulangan longsor. “Ini harus segera kita tindak lanjuti agar longsor tidak ber­lanjut, apa saja yang dibutuhkan, tolong laporkan” ujar Bupati kepada aparat Pemerintah Desa Cikupa, dalam hal ini Sekdes Cikupa Bapak Saepurohman.

Jalan Kabupaten Tergerus Tanah Longsor, di Kp Batuhawu Dusun Datarkadaka Desa Cikupa, Karangnunggal, foto ; omen/ckp

Menurut pantauan cikupa.sideka.id, diketahui tanah longsor terjadi akibat curah hujan yang tinggi pada Senin malam, (06/11), lalu air meluap dan menggerus tanah di badan jalan Kabupaten. Jalan ini merupakan satu-satunya akses penghubung antar desa yaitu Desa Cikupa dengan Desa Cikapinis. Akibatnya, jalan Kabupaten ini tergerus longsor dengan kedalaman­nya mencapai 5 meter dan panjang mencapai 50 meter lebih. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tanah longsor ini, namun jalan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat atau lebih, dan hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, namun harus hati-hati karena sewaktu-waktu bisa terjadi longsor lagi. Yang dibutuhkan saat ini adalah bronjong dan batu penahan tanah, kemudian alat berat berupa beko, sehingga untuk memudahkan dalam membersihkan material tanah longsor. Harapan dari semua warga masyarakat, akan adanya bantuan dan perbaikan jalan Kabupaten ini, bisa segera terealisasi dalam waktu dekat ini, karena akses jalan ini sangatlah penting.

Warga beserta aparat Pemerintah Desa Cikupa, sedang membersihkan material lumpur akibat tanah longsor, dengan alat seadanya, foto ; aceng

Sementara itu, dalam kesempatan ini disampaikan pula keluhan dari warga khususnya yang berada di wilayah Kecamatan Karangnunggal, terutama jalan Cikaret-Cikapinis yang rusak parah, kemudian disampaikan pula Jalan dari Karangnunggal jalan Cidadap, yang notabene masih rusak parah. (irman/ckp)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan