Sejumlah Pemdes Karangnunggal, Lakukan Study Banding ke Lapang Bola Bertaraf Internasional di Desa Cisayong

LapangBola "Sakti Lodaya" yang bertaraf Internasional di Desa/Kec. Cisayong, foto;irman/ckp

Cikupa.sideka.id ǀ Sejumlah Pemdes se-Kec. Karangnunggal, lakukan “Study Banding” ke Lapang Sepak Bola bertaraf Internasional atau FIFA yang berada di Desa/Kec. Cisayong Kab. Tasikmalaya, Selasa (13/11) siang.

Peserta Study Banding, mencoba lapang bola bertaraf internasional “SAKTI LODAYA”, di Desa Cisayong, foto;irman/ckp

Kunjungan tersebut mendapat sambutan yang baik dan ramah dari pengawas BUMDes sekaligus sebagai pengelola lapang sepak bola “SAKTI LODAYA” yaitu Bapak Wildan. Dia menjelaskan proses perencanaan, pelaksanaan hingga kendala-kendala yang dihadapi dalam pembuatan lapang sepak bola ini yang banyak menuai pro kontra, menyoal anggaran dari Dana Desa. “banyak pro kontra pada pembuatan lapang bola ini, namun dengan tekad yang bulat dari semua pihak yang mendukung, akhirnya bisa terwujud, alhamdulilah” ungkapnya.

Menikmati Lapang Bola, yang menjadi Ikon dan Kebanggaan Desa Cisayong, foto;irman/ckp

Beliau juga menjelaskan bahwa dalam pembuatan lapang bola ini, menggunakan bahan material impor terutama dalam rumput lapangan, berasal dari eropa dari jenis Zoysia Matrella (ZM). Jenis rumput ini termasuk dalam kategori kualitas tinggi dengan kerapatan, pemulihan diri dan perakarannya yang sempurna, sehingga bisa mengurangi resiko cedera bagi para pemain.

Penjelasan dari Tim Pelaksana Lapangan Bola, tentang cara dan mekanisme, pembuatan lapang bola, foto;irman/ckp

Lapang Bola ini menggunakan anggaran dari Dana Desa 700 juta dan Banprop 100 juta tahun 2018, selanjutnya dalam pengelolaan oleh BUMDes, yaitu BUMDes Sakti Lodaya. Menerapkan sewa lapangan untuk yang bermain mulai dari 1 juta sekali main, dan itu sudah termasuk wasit dan soft drink. Lapang Bola digunakan hanya 4 hari dalam seminggunya yakni dari Kamis-Minggu, sedangkan Senin-Rabu untuk perawatan. Sedangkan bagi yang akan menyewa lapang bola ini, diharapkan pesan dahulu karena pada minggu atau bulan ini jadwal padat. “semua Desa bisa berinovasi, asalkan pengelolaannya harus kuat” tambahnya. (irman/ckp)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan