Kelas Ibu Hamil : Wujudkan Ibu Hamil Sehat Dan Selamat

Sejumlah Peserta Kelas Ibu Hamil di desa Cikupa, Karangnunggal, Kamis (27/12) pagi. foto;Bidan Imas

Cikupa.sideka.id │ Sejumlah Warga Ibu-ibu Hamil dan Bidan Desa Cikupa Kec. Karangnunggal Kab. Tasikmalaya, mengadakan kegiatan Kelas Ibu Hamil di Aula Kantor Desa, Kamis (27/12) pagi. Kelas Ibu Hamil adalah kelompok belajar Ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan) dengan jumlah peserta 10 orang atau lebih.

Adapun tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu hamil agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran. (Sumber : Departemen Kesehatan RI. 2011 Pedoman Kelas Ibu Hamil. Jakarta : Depkes RI)

Dalam pertemuan kelas ibu hamil ini sendiri banyak kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut ; 1) Kegiatan Penyuluhan Ibu Hamil, 2) Pemeriksaan Laboratorium tentang Triple Eliminasi seperti penyakit HIV, Spilis, dan Hevatitis, 3) Cek Golongan Darah, 4) Pemberian Makanan Tambahan (PMT), 5) Senam Ibu Hamil. Sedangkan jumlah peserta pada pertemuan kelas ibu hamil kali ini sekitar 35 orang.

Penyuluhan Tentang Kehamilan pada Kelas Ibu Hamil, foto ;bidan imas
Senam Ibu Hamil di Desa Cikupa, foto;Bidan Imas
Cek Golongan Darah pada Kelas Ibu Hamil, foto ;bidan imas
Pemberian Makanan Tambahan kepad Ibu Hamil, foto ; Bidan Imas

Sementara itu, Bidan Desa Cikupa Ibu Imas Ratnafuri, STr.Keb. mengatakan “melalui pertemuan kelas ibu hamil ini, diharapkan ibu-ibu hamil khususnya yang berada di Desa Cikupa Kec. Karangnunggal, dapat mengetahui dan memahami tentang kehamilan sehingga angka kematian ibu dan bayi dapat turun bahkan tidak ada” harapnya. (Irman/ckp)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan