Lestarikan Budaya, Pemdes Cikupa Gelar Pentas Seni Sunda

Pementasan Seni Sunda di Desa Cikupa Berupa, Seni Musik Degung, Upacara Adat dan Calung di Hal. Kantor Desa, Sabtu, (29/12) pagi, foto ; irman/ckp

Cikupa.sideka.id – Untuk melestarikan budaya seni sunda, Pemerintah Desa Cikupa menggelar pementasan seni sunda oleh Kelompok Lingkung Seni Pusaka Mekarwangi, Desa Cikupa Kec. Karangnunggal Kab. Tasikmalaya di halaman Kantor Desa, Sabtu (29/12) pagi.

Pementasan Seni Sunda, oleh Lingkung Seni Pusaka Mekarwangi Desa Cikupa, Krn, foto/irman/ckp
Pementasan Seni Sunda oleh Lingkung Seni Pusaka Mekarwangi, foto ; irman/ckp
Sejumlah Tokoh Masy. dan Perades, sedang menyaksikan Pementasa Seni Sunda, Foto;irman/ckp

Pementasan yang digelar berupa Seni Musik Degung, Upacara Adat Sunda dan Seni Musik Calung. Kegiatan pementasan ini sendiri adalah sebuah peran serta dan implementasi dari masyarakat khususnya atau Lingkung Seni dalam upaya melestarikan seni budaya sunda yang kental untuk mempererat dan menumbuhkembangkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan melalui musik tradisional sunda.

Turut hadir Kabid Penanganan Korban Bencana dan Pembinaan Sosial dari Dinsos Kab. Tasikmalaya Bapak Rahmat ZM, Kepala Desa Cikupa Bapak Yudha Heryadhi, Muspika Babinsa, Bhabinmas Perangkat Desa, Kader Posyandu, Pkk dan sejumlah warga (para pemain gamelan).

Bergambar Bersama, kiri ke kanan, Bpk. Rahmat Kabid PKBPS, Dinsos Kab. Tsm, Kades Cikupa, Bpk Yudha Heryadhi, dan Babinsa Bpk Mamat, foto : irman/ckp
Bergmabar bersama, kiri ke kanan, Kades Cikupa, Kabid PKBPS Dinsos Kab. Tsm, Ibu Kades Yeni Maryani, Hendra (ki lengser) foto ; irman/ckp

“Kunjungan ini, merupakan sebagai tindak lanjut dari Program KS (Keserasian Sosial) beberapa waktu lalu, dengan kearifan lokal bisa melihat potensi seni, berdiri Lingkung Seni Pusaka Mekarwangi. Melihat antusias warga masyarakat atas kegiatan pentas seni sunda ini, Kami sangat mengapresiasi Kegiatan ini dan Kemensos tidak sia-sia memberikan bantuan alat kesenian sunda” ungkap Kabid PKBPS Dinsos Kab. Tasikmalaya Bapak Rahmat.ZM “Semoga dengan adanya Lingkung Seni Pusaka Mekarwangi, selain dapat melestarikan seni sunda juga dapat meningkatkan perekonomian dan PAD Desa” tambahnya.

Sementara itu, “Kami bangga, kagum, dan apresiasi setinggi-tingginya kepada warga masyarakat yang tergabung dalam Lingkung Seni Pusaka Mekarwangi, yang telah ikut melestarikan seni sunda yang kita cintai ini” ujar Kades Cikupa, Bapak Yudha Heryadhi. (Irman/ckp).

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan