Genjot Wisata Desa, Pemdes Cikupa Rencanakan Kampung Bambu Sebagai Program Inovasi Desa

Kegiatan Capturing Dalam Program Inovasi Desa sebagai Kampung Bambu. Foto kiri ke kanan, Ketua TPID Bpk Apip, Pendamping Desa Bpk Suryana. Kades Cikupa Bpk Yudha Heryadhi, Pendamping Desa Ibu Endah, foto ; irman/ckp

Cikupa.sideka.id – Pemerintahan Desa sedang menggenjot Wisata Desa, yang rencananya akan dibangun Wisata Kampung Bambu yang terletak di Kp Kalapaciung Desa Cikupa Kec. Karangnunggal Kab. Tasikmalaya. Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kec. Karangnunggal sedang melaksanakan Capturing Dalam Program Inovasi Desa di Kampung tersebut, Senin (07/01/2019) siang. Turut hadir pula Kepala Desa Cikupa, Perangkat Desa, Pendamping Desa , TPID Karangnunggal, serta sejumlah Muda-mudi KALIBER (Kalapaciung Lingkungan Bersatu).

Capturing Dalam Program Inovasi Desa merupakan salah satu langkah dalam proses penangkapan pengetahuan inovatif untuk menghasilkan dokumen pembelajaran.

Program Inovasi Desa, sebagai Kampung Bambu di Desa Cikupa Krn, foto : irman.ckp
Bergmabar Bersama, Perangkat Desa dengan Muda-mudi KALIBER (Kalapaciung Lingkungan Bersatu), foto : irman/ckp

Program Inovasi Desa ialah pendampingan yang dilakukan untuk mendorong pemanfaatan dana desa lebih berkelanjutan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Program Inovasi Desa baru berjalan selama dua tahun ini. Lewat program yang diinisiasi Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyrakat Desa (PPMD), itu telah menghasilkan sejumlah inovasi dari desa-desa di Indonesia. Program Inovasi Desa dioptimalkan melalui dana desa yang telah disalurkan ke 74.957 desa di Indonesia sejak 2015.

Sementara itu, Pemerintah Desa mendukung dan mengapresiasi adanya Inovasi Desa untuk menggali potensi wisata khususnya yang berada di wilayahnya “Syukur alhmadulillah, kami ucapkan terimakasih, apresiasi setinggi-tingginya kepada Kelompok Muda-mudi KALIBER (Kalapaciung Lingkungan Bersatu), yang telah bersinergi baik dengan Pemdes untuk memajukan Destinasi Wisata melalui Kampung Bambu ini sebagai Program Inovasi Desa” ungkap Kepala Desa Cikupa Bapak Yudha Heryadhi, di sela-sela pengambilan Capturing Dalam Program Inovasi Desa.

Kemudian, Tim Pelaksana Inovasi Desa Kec. Karangnunggal Bapak Apip selaku Ketua TPID Karangnunggal, mengatakan “Mudah-mudahan dengan adanya Inovasi Desa ini kedepannya potensi produk unggulan yang ada di galeri Kampung Bambu ini, mendapatkan perhatian dan pemasaran dari Pemerintah, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat” harapnya. (irman/ckp)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan