Puskesmas Karangnunggal Dibantu Kader Posyandu, Gelar Pendataan Keluarga Sehat di Desa Cikupa

Pendataan Keluarga Sehat (KS) oleh Tim Puskesmas dibantu Kader Posyandu Cikupa, Karangnunggal, foto ; dok kader posyandu

Cikupa.sideka.id – Puskesmas Karangnunggal menggelar pendataan kepada Keluarga sehat agar mereka tercatat serta terdaftar, sehingga dapat diketahui kondisi keberadaan lingkungan dan kesehatannya. Pendataan Keluarga Sehat (KS) kali ini digelar oleh Tim UPT Puskesmas Karangnunggal dibantu Kader Posyandu di Desa Cikupa Kec. Karangnunggal Kab. Tasikmalaya, tepatnya di Dusun Mekarjaya, Selasa (22/1) pagi.

Pendataan Keluarga Sehat (KS), oleh Puskesmas dibantu Kader Posyandu Cikupa, foto : dok Posyandu

Lebih lanjut, Program Keluarga Sehat (KS) yaitu untuk memenuhi Program Indonesia Sehat dengan pendekatan Keluarga (PIS-PK). Keberhasilan Pendataan Keluarga Sehat ini, merupakan sinergitas seluruh jajaran terkait mulai dari Kades, Camat, Puskesmas dan tentunya warga masyarakat.

Sedangkan Program Keluarga Sehat atau KS, meliputi beberapa indikator diantaranya ada 12 indikator  keluarga sehat yang didata, yaitu keluarga mengikuti program KB, ibu persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap, bayi mendapat air susu ibu (ASI) ekslusif, balita  mendapatkan pemantauan pertumbuhan, penderita TB paru dapat pengobatan sesuai standar, penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur, penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan, anggota keluarga tidak merokok, keluarga sudah menjadi peserta JKN, keluarga punya akses atau menggunakan jamban sehat.
Sementara itu, Kades Cikupa, Bapak Yudha Heryadhi, mendukung sepenuhnya Program Indonesia Sehat dengan pendataan Keluarga Sehat yang ada di wilayahnya,  “kami pemerintah desa sangat mendukung sepenuhnya adanya program keluarga sehat yang akan menjadi landasan kuat dalam mewujudkan keimanan, ketaqwaan dan kemapanan serta keharmonisan keluarga kita sehingga menjadi keluarga sakinah mawadah warohmah” ungkapnya. Dikutip dari KarangNews (Irman/ckp)
About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan