Pentingnya Penimbangan Balita di Posyandu

Pentingnya Penimbangan Balita di Posyandu, Foto : iman/PanduDesa

Karangnunggal, cikupa.sideka.id– Upaya memantau kesehatan anak secara dini khususnya masalah gizi perlu dilakukan orang tua yang memiliki balita. Pemantauan tersebut dapat dilakukan melalui pelayanan kesehatan yang diberikan Pemerintah melalui Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dengan penimbangan balita.

Peran kader posyandu menjadi hal yang sangat vital, untuk tumbuh kembang balita yang berada di suatu wilayah. Meski mereka bekerja dengan sukarela, akan tetapi mereka tulus untuk membantu mengentaskan masalah kesehatan khususnya ibu hamil, bayi, anak dan lansia.

Hal itu seperti yang dilaksanakan oleh Posyandu Melati 2 di Kp Kalapaciung Desa Cikupa Kecamatan karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat, Selasa (08/10) pagi.

Tampak pagi-pagi sudah banyak kerumunan warga membawa bayi dan balita di depan Posyandu untuk penimbangan.

“Orang tua sebaiknya rutin mengajak balitanya untuk datang ke Posyandu, karena akan banyak manfaat yang dirasakan untuk mengetahui kesehatan anaknya,” tutur salahseorang kader posyandu melati 2.

Ia menambahkan, manfaat yang didapat apabila rutin berkunjung ke Posyandu diantaranya balita akan mendapatkan pelayanan kesehatan seperti kapsul vitamin A warna biru untuk usia 6 sampai 11 bulan dan kapsul warna merah untuk usia 12 sampai 59 bulan setiap bulan Februari dan Agustus.

Antusiasme warga, penimbangan bayi di Posyandu ; foto : iman/PanduDesa

Di posyandu ini sedikitnya ada puluhan, yang terdiri bayi dan balita yang rutin datang tiap bulannya untuk melaksanakan penimbangan, bahkan untuk kegiatan lansia juga ada.

Selain itu, anak mendapatkan makanan tambahan bergizi usai melakukan penimbangan. Lalu, balita akan mendapat imunisasi dasar dengan lengkap. Serta ibu mendapatkan pengetahuan lebih tentang gizi dan kesehatan.

“Tidak hanya balita saja yang terpantau kesehatannya, orang tua juga akan mendapatkan pengetahauan tambahan untuk meningkatkan gizi anak,” tutupnya.

Penulis : Iman/PanduDesa

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan