APD Diberikan Pelatihan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Berbasis Online

APD Diberikan Pelatihan Sistem Perencanaan dan Penganggaran Berbasis Online, foto : iman/PanduDesa

Tasikmalaya, cikupa.sideka.id – Aparatur Perangkat Desa (APD) di Provinsi Jawa Barat, diberikan pelatihan dan sosialisasi tentang Pelatihan Sistem Perencaan dan Penganggaran Berbasis Online (SIRAMPAK SEKAR), di Hotel Santika Tasikmalaya, Jumat (19/10/2019).

BAPPEDA menyampaikan, Sirampak Sekar merupakan sistem informasi berbasis web yaitu http://apbd.jabarprov.go.id yang dikembangkan untuk memfasilitasi proses perencanaan, penganggaran, dan usulan pembangunan yang ada di desa.

Menurutnya, ketersediaan informasi di dalam e-planning  (Sistem Perencaan dan Penganggaran Berbasis Online) akan mendorong masyarakat untuk berpartisipasi dalam usulan program pembangunan dan diharapkan dapat menjaring masukan dalam penyusunan dokumen rencana pembangunan daerah.

Setiap usulan yang diajukan oleh desa dapat dilihat secara online apakah disetujui atau ditolak melalui monitor usulan, sampai mana proses verifikasi baik itu Kabupaten atau Provinsi. Setiap Pengajuan dalam tahun berikutnya bisa disampaikan melalui e-planning pada tahun berikutnya.

Oleh karenanya, Sistem Perencanaan dan Penganggaran Berbasis Online (Sirampak Sekar) juga penting untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan penganggaran pembangunan desa melalui penguatan ketersediaan informasi pembangunan yang akurat, mutakhir dan dapat dipertanggungjawabkan.

Sementara itu, Pelatihan Sistem Perencaan dan Penganggaran Berbasis Online itu sendiri berlangsung selama dua hari terhitung sejak tanggal 17 hingga 18 Oktober 2019 dengan narasumber dari BAPPEDA Provinsi Jawa Barat. (iman/PanduDesa)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan