Begini, Tutorial Pengusulan Bantuan Keuangan Daerah Provinsi Jawa Barat

Aplikasi Penyusunan Bantuan Keuangan Daerah

Tasikmalaya, cikupa.sideka.id – Perencanaan pembangunan daerah merupakan suatu proses perencanaan pembangunan yang dimaksudkan untuk melakukan perubahan menuju arah perkembangan yang lebih baik bagi suatu komunitas masyarakat, pemerintah dan lingkungannya dalam wilayah / daerah tertentu dengan memanfaatkan atau mendayagunakan berbagai sumberdaya yang ada dan harus memiliki orientasi yang bersifat menyeluruh, lengkap tetapi tetap berpegang pada azas prioritas.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, disingkat Bappeda, adalah lembaga teknis daerah dibidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah yang dipimpin oleh seorang kepala badan yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Gubernur / Bupati / Walikota melalui Sekretaris Daerah. Badan ini mempunyai tugas pokok membantu Gubernur / Bupati / Walikota dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dibidang penelitian dan perencanaan pembangunan daerah.

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) merupakan unsur perencanaan penyelenggaraan pemerintahan yang melaksanakan tugas dan mengkoordinasikan penyusunan, pengendalian, dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah. Beratnya tupoksi yang diemban membuat BAPPEDA membutuhkan sebuah alat bantu yang memberikan keuntungan maksimal baik dari sisi waktu maupun kualitas.

Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (e-planning) adalah sebuah alat penyusunan RKPD, KUA PPAS, KUA/PPAS Perubahan, RKPD Perubahan Kabupaten/Provinsi agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan arahan yang terkandung dalam Permendagri No. 54 Tahun 2010. Dengan adanya alat bantu e-planning, BAPPEDA dapat memaksimalkan sistem dan sistem juga mampu menyajikan analisa yang sangat informatif bagi para pemangku kepentingan.

Berikut Tutorial Pengusulan Bantuan Keuangan Daerah Provinsi Jawa Barat :

Perlu diingat proses tahapan input/entri data, bantuan keuangan tahun berikutnya :

  • Draft Rancangan Awal 21 Februari
  • Rancangan Awal RKPD 05-14 Maret
  • Draft Rancangan RKPD 18-22 Maret

Halaman Log In

Masukkan URL apbd.jabarprov.go.id pada URL bar sehingga muncul tampilan seperti berikut :

  • Masuk dengan username berupa kode desa yang telah diberi akses sebagai pengusul bantuan keuangan desa (kode desa terlampir)
  • Masukkan password berupa kombinasi kata yang telah diberikan pada pengguna
  • Klik Log In, apabila kombinasi username dan password benar akan muncul tampilan sebagai berikut
  • Pilih tahun anggaran 2020

Halaman Menu Utama (Homepage)

Arahkan mouse pada tiga bar sejajar di pojok kiri atas halaman untuk mengakses menu, Untuk melihat Dashboard, pilih Menu Dashboard sehingga tampilan akan berubah sebagai berikut :

Bagian 1 berisi informasi mengenai status usulan bantuan keuangan yang diajukan oleh desa yang bersangkutan. Informasi-informasi tersebut memuat :

  • Jumlah usulan bantuan keuangan yang telah diajukan
  • Jumlah usulan bantuan keuangan yang telah diterima
  • Jumlah usulan bantuan keuangan yang ditolak
  • Jumlah usulan bantuan keuangan yang belum direspon

Bagian 2 merupakan fitur tracking usulan yang memungkinkan pengguna menelusuri proses usulan yang diajukan.

  1. Untuk mengajukan bantuan keuangan desa, pada bagian Menu pilih Usulan – Bantuan Keuangan – Desa
  2. Pilih +Usulan untuk menginput usulan bantuan keuangan desa
  3. Usulan diisi dan dipenuhi oleh desa pengusul, usulan tidak dapat disimpan/dikirim jika form usulan tidak terisi dengan lengkap

Urusan diisi dengan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Usulan hanya diisi sesuai dengan opsi pilihan yang disediakan yakni :

  • Pembangunan homestay
  • Pembangunan jembatan desa
  • Pembangunan posyandu
  • Peningkatan jalan desa
  • Pipanisasi Saluran Air Bersih
  1. Volume (koefisien) diisi dengan koefisien/jumlah unit yang ingin diusulkan
  2. Satuan hanya diisi dengan besaran dalam satuan m²
  3. Alamat diisi dengan alamat lengkap yang disertai dengan kelurahan/desa, kecamatan, kabupaten/kota
  4. Klik peta untuk menentukan lokasi usulan
  5. Latar belakang usulan, dasar hukum usulan, maksud dan tujuan diisi secara deskriptif maksimal 500 karakter
  6. Dokumen yang diunggah pada bagian Surat Pengantar, Surat Proposal, dan RAB harus menggunakan extension .pdf dengan Ukuran File maksimal 100KB
  7. Bagian foto diisi dengan dokumen yang memiliki extension.jpg, .jpeg, .png, .bmp dengan ukuran file maksimal 100KB

Apabila form telah terisi dengan lengkap, klik Simpan untuk memproses usulan. Tampilan akan berubah seperti

Apabila usulan masuk sudah sesuai dengan ketentuan yang dikehendaki, centang usulan lalu pilih Kirim untuk diverifikasi oleh DPMD Kabupaen/kota, atau Batal untuk membatalkan usulan yang telah disimpan

  • Untuk mengirim usulan ke server, pilih Ya, Lanjut!
  • Apabila ingin membatalkan usulan, pilih Ya, Batal!
  • Isi keterangan pembatalan secara deskriptif maksimal 500 karakter lalu pilih Simpan untuk membatalkan usulan
  • Untuk memonitor usulan yang telah ditindaklanjuti, pilih Monitor Usulan

Profil Desa

  • Untuk melengkapi Profil Desa, arahkan kursor pada menu Profl Desa yang terletak di bawah Usulan
  • Untuk mengedit Profil Kepala Desa, pilih Edit, lalu isi kolom-kolom keterangan yang dibutuhkan
  • Nama lengkap diisi dengan nama lengkap kepala desa
  • NIK diisi dengan Nomor Induk Kependudukan sesuai dengan KTP Kepala Desa
  • Nomor Telepon diisi dengan nomor handphone kepala desa (Contoh: 081XXXXX)
  • Email diisi dengan alamat email aktif kepala desa (Contoh: kepaladesa@gmail.com)
  • Alamat diisi dengan Alamat Kantor Desa
  • Masa menjabat diisi dengan lengkap berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun masa jabatan kepala desa
  • Untuk menyimpan data, klik SImpan dan akan muncul notifikasi

Untuk Lebih Lengkapnya Silahkan Download dan Lihat di Bawah Ini :

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan