Lagi, Kebakaran Lahan Warga di Cikupa Tasikmalaya

Lagi, Kebakaran Lahan Warga di Desa Cikupa, Tasikmalaya foto ;iman /pandu-desa

Tasikmalaya, cikupa.sideka.id – Lagi kebakaran lahan di Karangnunggal, Tasikmalaya kembali terjadi. Api menghanguskan kebun milik warga Dusun Ciparaya Desa Cikupa, Senin (28/10/2019).

Sekdes Cikupa Bapak Saepurohman (38), membenarkan kembali adanya kebakaran lahan di Desa Cikupa Tasikmalaya tersebut, yang sempat membuat panik warga sekitar.

“Menurut keterangan dari warga, api diketahui sekitar pukul 13.00 WIB siang tadi. Namun akibat terpaan angin yang kencang, api sulit dipadamkan dan terus menjalar dan meluas hingga mencapai 4 hektaran,” katanya.

Besarnya kobaran api, kata Saepurohman membuat evakuasi pemadaman kewalahan hingga warga sempat  panik.

“Karena kurang tahu cara memadamkan api, makanya tadi warga kerepotan dalam upaya pemadaman. Ditambah minimnya peralatan hingga akhirnya sulit dipadamkan,” terangnya.

Lanjut, Kata Saepurohman lokasi lahan yang terbakar berada di  Kampung Ciparaya perbatasan antara Dusun Mekarjaya dengan Dusun Datarkadaka.

Dia mengaku masih belum tahu sumber penyebab kebakaran tersebut. “Tadi kita menanyakan kepada warga di sini, Mereka pun tidak ada yang tahu sumber penyebabnya, masyarakat sekitar tahunya api sudah membesar” pungkasnya.

Sebelumnya kebakaran lahan di Karangnunggal juga terjadi di kebun bambu milik warga Kampung Pasireurih RT 16 RW 08 kemudian di Dusun Cikaret, Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, hangus terbakar, Sabtu (19/10/2019).

Kepala Desa Cikupa Bapak Yudha Heryadhi (47) dilokasi kejadian, membenarkan adanya kebakaran lahan di wilayahnya tersebut.

Menurutnya, api tiba-tiba membara dan membakar kebun bambu milik warga.

“Luas area yang terbakar sekitar 4 hektaran. Api diketahui oleh warga pada pukul 13.00 WIB sore tadi dengan kondisi sudah membesar,” katanya.

Kata dia, setelah mengetahui adanya kobaran api yang membakar perkebunan, warga sekitar langsung berdatangan untuk memadamkan api.

“Karena pemadaman hanya menggunakan alat seadanya, tadi warga juga sempat kewalahan. Dan setelah tiga jam, api pun baru bisa dipadamkan setelah damkar diturunkan,” terangnya.

Warga, bahu membahu berusaha memadamkan kebakaran lahan dengan alat seadanya, foto iman/PanduDesa
Sekmat Karangnunggal, Bapak Dedi M Sedang Meninjau Lokasi Kebakaran, Foto ;Iman/PanduDesa

Sementara itu, Sekmat Karangnunggal Bapak Dedi Mulyana yang hadir meninjau kejadian, mengimbau kepada warga agar senantiasa berhati-hati dan selalu waspada, ketika membakar sampah di musim kemarau ini. Hal tersebut untuk menjaga agar tidak terjadi lagi kebakaran seperti saat ini.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat, agar tetap berhati-hati dan waspada ketika melakukan pembakaran sampah atau sejenisnya, yang dapat menimbulkan kebakaran. Jika ingin membakar sampah silakan saja, namun tetap harus dipantau agar tidak terjadi rembetan yang mengakibatkan kebakaran,” tegasnya. (Iman/PanduDesa)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan