BKPRMI Gelar Festival Anak Shaleh Indonesia Tingkat Kecamatan Karangnunggal

Anwar Nasihin, salah seorang pengurus kegiatan FASI ke-11 tingkat kecamatan karangnunggal, foto ;(iman/PanduDesa)

Tasikmalaya, cikupa.sideka.id – Pengurus Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, bakal menggelar FASI (Festival Anak Sholeh Indonesia) tingkat Kecamatan Pekan depan.

Acara ini adalah rangkaian kegiatan FASI ke-11 tingkat Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, yang bakal digelar di Desa Cikupa, Minggu (24/11/2019) mendatang. FASI ke-11 ini rencananya akan digelar di Madrasah Riyadul Jannah sedangkan untuk kegiatan di SDN Sukasari Cikupa, Karangnunggal.

FASI atau Festival Anak Sholeh Indonesia diikuti oleh anak-anak SD/MI se-Kecamatan Karangnunggal yang terdiri 48 unit bagian dari BKPRMI.

Anwar Nasihin (52), selaku panitia acara tersebut menuturkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahim antar pelajar islam se-Kecamatan Karangnunggal serta untuk menumbuhkan sikap nasionalisme kebangsaan dimasa sekarang.

“Kegiatan ini nanti akan digolongkan menjadi tiga kelas yaitu Taman Kanak-kanak Alquran [TKA]; Taman Pendidikan Alquran [TPA]; dan Taklimul Quran lil Aulad [TQA],” Ujarnya, kepada cikupa.sideka.id, Selasa (05/11/2019).

Ditanya masalah anggaran, lanjut Nasihin, anggaran dari kegiatan ini berasal dari dana swadaya lembaga yang terdiri dari 48 unit BKPRMI di Kecamatan Karangnunggal.

Selain itu, syarat-syarat untuk peserta kelas TKA adalah berusia maksimal tujuh tahun, untuk TPA berusia maksimal 12 tahun, kelas TQA berumur maksimal 15 tahun.

“Beberapa tangkai lomba yang difestivalkan beragam, mulai dari tartil Alquran, azan dan Ikamah, nasyid islami, peragaan salat, cerdas cermat Alquran, mewarnai, ceramah agama Islam hingga kaligrafi,” tambahnya.

Bergambar bersama, iman Pandudesa, Opik Muhidin (kiri), pengurus madrasah darul hikmah, desa cikupa yang akan ikut berpartisipasi dalam acar FASI ke11, foto ; iman/PanduDesa

Sementara itu, menurut Opik Muhidin salah seorang pengurus madrasah Diniyah Darul Hikmah, akan berpartisipasi dengan mengirimkan sebanyak 27 orang anak didiknya, yang akan mengikuti lomba tahfid, lomba adzan dan iqomah, lomba mewarnai, lomba menggambar, lomba tartil al-quran, lomba kaligrafi, murotal al-quran, lomba ceramah keagamaan dan nasyid.

“kami akan ikut berpartisipasi pada FASI ke-11 tingkat kecamatan, setidaknya mengirimkan 27 anak,” pungkasnya.

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan