Manfaatkan Dana Banprov, Pemdes Cikupa Bakal Rehab Kantor Desa

Gedung Kantor Desa Cikupa, yang akan direhab, foto ;dok desa

Tasikmalaya, cikupa.sideka.id – Pemerintah Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya bakal rehab kantor Desa dengan anggaran atau melalui bantuan Keuangan yang bersumber dari Bantuan Provinsi tahun 2019 (Banprov).

“Sumber dana rehab kantor desa ini, bakal dari anggaran banprov tahun 2019. Dimungkinkan anggaran tidak mencukupi, jadi tiap tahun anggaran banprov untuk rehab kantor desa secara berkelanjutan,” kata Kepala Desa Cikupa, Bapak Yudha Heryadhi.

Dalam rencana pelaksanaan panitia pembangunan, memasang papan informasi proyek di lokasi kegiatan. Papan proyek itu memuat nama kegiatan, volume pekerjaan, sumber dana, besaran anggaran, dan lamanya pengerjaan. Pemasangan papan proyek merupakan bagian dari keterbukaan informasi publik kepada masyarakat.

Dengan jumlah anggaran tahun ini, sekitar Rp 91.488.000,-  setelah dipotong kinerja aparatur desa dan pembelian HP 12 ketua RW, program sapa warga yang ada di desa cikupa, bakal diperuntukan merehab Kantor Desa.

“Implementasi peran serta masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan sangat penting. Sedangkan pengerjaannya dilaksanakan secara swakelola dengan melibatkan masyarakat,” katanya.

Lebih Lanjut, masih menurutnya sejak awal, dia mengingatkan jajarannya untuk melaksanakan aturan dalam pembangunan tersebut.

“Kami selalu berhati-hati semua kegiatan yang dananya berasal dari pemerintah, harus dilaksanakan sesuai dengan juklak dan juknis. Keterbukaan informasi juga mutlak diperlukan untuk mencegah penyimpangan atau sebagai langkah preventif,” tambahnya.

“kami berharap, nantinya seluruh perangkat dan masyarakat dapat menjaga dan merawat berbagai sarana dan prasarana yang akan direhab ini. Supaya fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan baik oleh warga masyarakat maupun jajaran aparatur Pemerintahan Desa Cikupa,” harapnya.

Sementara itu, Anwar Nasihin (52) salahseorang warga menyambut baik adanya rencana rehab kantor desa. Hal ini dikarenakan bangunan kantor desa sudah layak diperbaiki, selama sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku.

“kami sih setuju rehab ini, kalau kantor desanya bagus, pasti pelayanannya pun bisa meningkat,” pungkasnya. (Iman/PanduDesa)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan