Tingkatkan Literasi Digital, Pemdes Cikupa Fasilitasi Warganya Wifi Gratis

Serah Terima Program Wifi Gratis dari Kominfo kerjasama BAKTI, foto ;iman /pandudesa

Tasikmalaya, cikupa.sideka.id – Pemerintah sedang giat membangun literasi digital 4.0, dengan cara memberikan fasilitas akses kemudahan kepada warganya untuk berselancar di dunia maya atau internet.

Melalui jaringan wireless fidelity (WiFi) gratis, masyarakat secara bebas bisa mengakses informasi internet sesuai kebutuhan.

Pemerintah Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya adalah termasuk 4 Desa dari 351 Desa di Kabupaten Tasikmalaya, yang mendapatkan program wifi gratis dari pemerintah sedangkan desa lainnya seperti desa cipaingeun, desa kawungsari dan desa singasari.

Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui Diskominfo, telah melakukan pemasangan jaringan wifi di Desa Cikupa. Program ini adalah buah kerja sama antara BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi), Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bertujuan untuk menyediakan akses internet di desa yang sebelumnya tidak memiliki konektivitas sama sekali.

Menurut Kepala Desa Cikupa, Bapak Yudha Heryadhi, program ini bertujuan untuk menyediakan akses internet di desa yang sebelumnya tidak memiliki konektivitas sama sekali. Hal ini guna mendukung pemerintah agar masyarakat yang ada di desa-desa melek internet, sehingga menuju Desa Digital.

“kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah berkat kerjasama, BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi), Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, BP2DK,  Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Diskominfi Tasikmalaya serta rekanan yang telah memasang wifi di desa kami,” ungkapnya kepada cikupa.sideka.id saat serah terima program wifi gratis di ruang kerjanya, Selasa (05/11/2019).

Selain itu, ia juga menambahkan, tujuan dari pemasangan wifi gratis yakni untuk memudahkan masyarakat khususnya anak sekolah dalam mengakses data dan guru dalam mencari materi bahan ajar. Ia berharap juga, anak sekolah benar-benar menggunakan internet secara bijak sesuai dengan kebutuhanya.

“dengan adanya wifi gratis ini, semoga dipergunakan secara bijak,” katanya.

Lebih lanjut, Ia mengatakan dengan hadirnya wifi gratis ini, semoga roda perekonomian di wilayahnya bisa meningkat, dengan terbukanya ekspose potensi-potensi yang ada di desa, penjualan online meningkat, dan terciptanya konten kreatif bagi kreator anak muda dimasa yang akan mendatang.

“jika dipergunakan dengan baik, internet itu membuka jendela untuk meningkatnya roda perekonomian,” pungkasnya. (iman/PanduDesa)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan