Sudah Lama Rusak, Kini Jalan Batuhawu Kabupaten Tasikmalaya Diperbaiki

Jalan Batuhawu Desa Cikupa, dihotmik, Jumat (8/11).

Tasikmalaya, cikupa.sideka.id – Warga Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat akhirnya bisa bernafas lega. Karena, ruas jalan Batuhawu yang masuk di jalan Kabupaten akhirnya diperbaiki pada tahun 2019 ini.

Kondisi jalan diwilayah ini sudah lama rusak. Akibatnya, akses perekonomian, pendidikan, dan kesehatan warga di desa tersebut terganggu. Tidak hanya itu, kontur jalannya memang tidak nyaman dilalui.

Sebab, aspal jalan sudah rusak sehingga yang tersisa adalah tatanan bebatuan yang cukup terjal. Bahkan dimusim hujan, kendaraan khususnya sepeda motor harus ekstra hati-hati ketika melintasi dijalan tersebut.

Kemudian, saat musim kemarau, warga lebih memilih mengambil lintasan di pinggir jalan yang berupa tanah kering daripada memilih badan jalan yang berupa bebatuan karena rawan slip.

Pantauan cikupa.sideka.id, pengerjaan hotmik sudah mulai dilaksanaan, setelah hampir 2 minggu pembuatan saluran air.

Kades Cikupa Yudha , menyatakan, jalan yang rusak itu adalah jalan kabupaten.

“Jalan kabupaten yang melintasi Desa Cikupa-Cikapinis sepanjang 3 Km. Untuk ruas jalan yang rusak sekitar kurang lebih 1 Km,” kata Yudha kepada cikupa.sideka.id, (8/9/2019).

Sementara itu, Staf Bina Marga DPU dan Taru Kabupaten Tasikmalaya Bapak Dedi menerangkan, ruas jalan Batuhawu yang ditangani  sepanjang 575 meter dengan lebar 3,5 meter.

“Pelaksana kegiatan CV milik Haji Bayu dengan nilai kontrak kurang lebih 1,3 M. Penanganan menggunakan aspal pabrikasi PT Trie Mukti,” paparnya.

Sementara itu, salahseorang warga Jumarna menuturkan, peningkatan jalan tersebut memang sudah sejak lama dinantikan oleh masyarakat, sebab sebelumnya adanya perbaikan. Jalan tersebut sangat sering dilintasi kendaraan baik kecil ataupun besar (bermuatan), sehingga kondisinya rusak dan memerlukan perbaikan.

“Kami sangat senang. Yang jelas, kalau jalan ini mulus arus transportasi juga bakalan lancar,” ungkapnya saat berbincang-bincang dengan cikupa.sideka.id, sambil menunggu jalan kering dihotmik. (Iman/PanduDesa).

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan