Manfaatkan Aplikasi Sapa Warga, Ketua RW di Desa Cikupa Mulai Usulkan Aspirasi

Ketua RW di Desa Cikupa, Mulai Manfaatkan Aplikasi Sapa Warga

Tasikmalaya, cikupa.sideka.id – Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum fokus meningkatkan kualitas layanan publik, informasi, dan akses pengaduan masyarakat desa, dengan meluncurkan program Sapa Warga.

Sapa Warga merupakan salah satu program pendukung Desa Digital untuk memangkas gap komunikasi masyarakat Desa dengan Pemda provinsi Jabar.

Nantinya, ketua Rukun Warga (RW) sebagai penanggungjawab diberi gawai yang dilengkapi aplikasi Sapa Warga supaya dapat berkomunikasi secara virtual dengan Gubernur Jabar maupun Bupati/Walikotanya.

Ketua RW pun bisa memberikan laporan terkait potensi wilayahnya maupun membuat pengaduan.

Seperti halnya yang dilakukan salah satu Ketua RW di Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Ia adalah Muksin (48), RW 12 Dusun Cikupa Desa Cikupa, mulai memaksimalkan platform aplikasi Sapa Warga tersebut.

Ia mencoba menginput usulan yang berada diwilayah lingkungannya, untuk kemudian dengan harapan ditindaklanjuti oleh Pemerintah Privinsi Jawa Barat dibawah kepemimpinan Gubernur Ridwan Kamil dan teman seperjuangannya Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat.

Ada sekitar 12 RW di Desa Cikupa, telah mendapatkan fasilitas bantuan pelayanan untuk mempercepat pembangunan didesa, juga lebih lanjutnya di Jawa Barat. Namun untuk sampai saat ini, baru beberapa RW yang aktif melakukan input aspirasi diaplikasi sapa warga.

Muksin menjelaskan kenapa hingga saat ini, banyak RW belum melakukan input data atau mengisi aspirasi dikarenakan belum adanya bantuan akses data/ kuota paket data yang dijanjikan pemerintah, hanya baru hp saja yang sudah diterima.

“RW di Desa Cikupa belum menerima paketan dan ada yang belum paham, semenjak hp diterima,” terangnya (25/11).

Sementara itu, seperti dilansir kompas.com, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPM-Desa) Dedi Supandi, berharap dengan program Sapa Warga, bisa menghilangkan akses sekat informasi antara desa dengan Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar).

“Kami berharap dengan Sapa Warga, desa pun mampu mengakses dan mempopulerkan potensi mereka tanpa sekat,” ucap Dedi di Bandung seperti dalam keterangan persnya, Senin (9/9/2019). (Iman/PanduDesa).

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan