Ada Panggilan Mentas, Ibu Kader Posyandu dan PKK di Desa Cikupa, Berlatih Upacara Adat Sunda

Ibu Kader Posyandu dan PKK, Sedang Latihan Upacara Adat, foto ; iman/pandudesa

Tasikmalaya, cikupa-karangnunggal.desa.id – Tidak akan ada habisanya jika membicarakan kesenian dan budaya Sunda, mulai dari tarian, pagelaran musik, rumah adat, hingga upacara adat pernikahan disajikan dengan tampilan yang sarat makna dan kemeriahan.

Namun ada yang menarik, menurut pantauan jurnalis desa, ibu-ibu kader posyandu dan PKK di Desa cikupa Kec. Karangnunggal Kab. Tasikmalaya, ketika menjelang sore hari menggelar latihan upacara adat pernikahan di rumah salah satu ketua RT, Rabu (12/11/2019) sore.

Hal ini dikarenakan, mereka ada panggilan untuk pementasan budaya sunda, yakni upacara adat pernikahan di salah satu warga yang akan melangsungkan pernikahan putrinya.

Pementasan ini bukan pertama kalinya oleh ibu-ibu kader posyandu dan pkk, di pernikahan warga masyarakat.

Upacara adat pernikahan merupakan salah satu tradisi Sunda yang sering digelar di masyarakat, baik di desa maupun di kota. Setiap pagelaran upacara adat pernikahan tidak pernah sepi.

Masyarakat berbondong-bondong datang hanya untuk menyaksikan bahkan mengabadikan momen tersebut menggunakan telepon genggam.

Aki lengser merupakan sosok yang paling ditunggu. Kedatangannya selalu mengundang tawa dan sorak-sorai penonton. Sosok Aki Lengser juga berperan sebagai pemimpin rombongan penari yang menyambut tamu kehormatan.

Dia digambarkan sebagai sosok kakek bungkuk berambut putih yang biasanya menggunakan pangsi dan komprang  (pakaian adat Sunda), ditambah dengan kotopong (ikat kepala khas Sunda) yang selalu dia pakai.

Setiap Aki Lengser datang, selalu disusul oleh sosok Ambu yang merupakan istri dari Aki Lengser. Kehadirannya menambah ramai pagelaran upacara adat Sunda.

Sementara itu salah seorang ibu-ibu kader posyandu  dede (47) yang sedang berlatih mengungkapkan bahwa pementasan upacara adat ini akan digelar di salah satu warga di acara pernikahan putrinya minggu depan.

“kami melakukan latihan, karena akan mentas di salah satu warga minggu depan,” kata dede. (iman/pandudesa)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan