Daftar BLT UMKM Rp2,4 Juta tapi NIK KTP Tidak Terdaftar, Cek Eform.bri.co.id/bpum dan Lakukan Ini

Bagi Anda yang sudah mendaftar BLT UMKM Rp2,4 Juta tapi NIK eKTP tidak terdaftar, cek kembali eform.bri.co.id/bpum secara berkala dan lakukan cara lainnya.

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM telah menutup program bantuan presiden produktif usaha mikro Rp2,4 juta pada akhir November 2020.

Saat ini kemenkop sedang memvalidasi data sejumlah peserta pelaku usaha mikro yang mendaftar di tahap 2.

Proses alur pencairan BLT UMKM ini mulai dari tahap pendaftaran hingga menerima SMS untuk tahap 2 modelnya masih sama seperti tahap 1.

Namun banyak pula yang belum mendapatkan notifikasi dari bank penyalur BRI sebagai tanda calon penerima dana ini.

Jika Anda sudah mendaftar program BLT UMKM tahap 2 maka Anda kini hanya bisa menunggu dan cek berkala di situs E-form BRI di eform.bri.co.id/bpum hanya dengan menggunakan NIK KTP.

Berikut caranya:

Berikut cara cek lolos atau tidak di situs Eform BRI yang dilansir dari bri.co.id:

– Situs Klik alamat: https://eform.bri.co.id/bpum

Isi nomor KTP

– Memasukkan jawaban perhitungan matematika untuk proses pengungkit

– Klik proses inquiry

– Selanjutnya, akan keluar pemberitahuan apakah berhak mendapatkan bantuan atau tidak

Namun jika Anda sudah mendaftar dan mendapatkan SMS notifikasi di handphone (HP) dari bank penyalur BRI dipastikan Anda terdaftar sebagai calon penerima.

Anda bisa langsung menuju bank penyalur dengan bukti SMS tersebut dan membawa sejumlah dokumen untuk proses pencairan, dokumen tersebut antara lain:

Buku tabungan

Kartu ATM

Identitas diri

Surat Pernyataan, Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM), dan / kuasa penerimaan dana banpres

Sementara itu jika cek NIK KTP namun ternyata tidak terdata di situs e-form maka berikut kemungkinan penyebab dan solusinya:

1. Anda belum mendaftar program BLT UMKM Rp2,4 juta, solusinya Anda harus segera menuju ke kantor dinas koperasi dimana Anda tinggal, jika sudah tutup maka Anda bisa mendaftar di tahun 2021 karena program ini sudah disebut Menteri Koperasi Teten Masduki akan diperpanjang di tahun depan, jadi Anda tinggal bersabar menunggu pendaftaran di tahap selanjutnya.

2. Kemenkop UKM belum memvalidasi data Anda karena yang mendaftar jutaan dipastikan membutuhkan proses yang agak lama, jika kemungkinan ini terjadi maka Anda harus sabar menunggu karena proses pendaftaran di tahap 2 hingga proses pencairan akan berlangsung hingga Januari 2021.

3. sistem di Bank penyalur belum terkoneksi dengan link di eform.

Jika hal ini terjadi maka Anda harus selalu cekal di situs eform dan jika tidak muncul juga tunggu sampai tahapan proses pendaftaran penyaluran yang akan berakhir di Januari 2021.

4. Rekening Anda terblokir karena Anda masih punya pembiayaan atau kredit di bank.

Jika Anda ingin menerima dana dari pemerintah ini, maka Anda harus melunasi kredit atau pembiayaan bank Anda terlebih dahulu agar Anda dapat menerima dana ini jika tidak maka dipastikan BLT UMKM dan hangus.

5. Nomor NIK eKTP Anda tidak sinkron dengan data di Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Hal ini disampaikan sejumlah peserta yang telah mendaftar namun mengalami kejadian seperti yang dilaporkan ini dari akun instagram @kemenkopUKM, 4 Desember 2020. Sumber pikiran-rakyat.com

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan