Dinsos Kabupaten Tasikmalaya Melalui Pemdes Cikupa, Salurkan Bantuan Program Sembako (BPNT) Bulan Februari 2021

Cikupa-karangnunggal.desa.id – Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya melalui Pemdes Cikupa, pada bulan Februari 2021 ini menyalurkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Program Sembako kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Rabu (10/2/2021).

Pada agen e-warong ini, untuk data bulan lalu terdapat sebanyak kurang lebih 550 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan masing-masing mendapatkan bantuan berupa beras 11 kilogram, telur 1  kilogram, apel fuji 5 buah, kentang 1 kg dan kacang tanah 2 ons.

Ibu Ane selaku pemilik E-warong tersebut mengatakan untuk penyaluran bantuan sembako atau BPNT ini tiap bulannya tidak sama dengan jumlah total.

“Iya, ini penyaluran BPNT atau Program Sembako untuk bulan Februari 2021. Total jumlah keseluruhan penerima bantuan, menurut data bulan lalu kurang lebih sekitar 550 KPM,” ungkapnya.

Pembagian Program Sembako ini merupakan kelanjutan dari Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT ), yang kini berubah nama menjadi bantuan Program Sembako. Program Sembako merupakan bantuan yang diperuntukkan bagi KPM dari kelompok masyarakat berpenghasilan rendah/keluarga miskin.

Bantuan sosial program sembako tersebut disalurkan kepada KPM dengan menggunakan sistem perbankan berupa kartu elektronik BPNT atau Program Sembako, kemudian dapat digunakan untuk memperoleh beras, telur, Apel dan lainya di agen e-warong yang ditunjuk.

Dengan demikian warga dapat membeli bahan sumber protein hewani dan nabati, sumber vitamin maupun mineral sesuai bahan makanan yang ditetapkan.

Penyaluran Bantuan Sembako Bulan Februari di Desa Cikupa

Sementara itu, Kasi Kesra Desa Cikupa Zenal Mutaqin biasa disapa Jejen mengatakan bahwa penyaluran bantuan Sembako ini untuk bulan Februari 2021. Ia mengatakan bahwa bantuan sembako seperti ini memang sangatlah dibutuhkan, terutama dimasa pandemi Covid19, dan berharap pemerintah masih terus melanjutkan program bantuan program sembako.

“Semoga adanya program sembako tersebut dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat penerima manfaat. Apalagi, sasaran yang ingin dicapai pemerintah dari penyaluran Program Sembako adalah menurunkan angka kemiskinan. Semoga mereka terbantu dan lebih sehat sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan hidupnya,” ungkapnya.

Selain itu, Jejen menanggapi masih banyaknya KPM Program Sembako yang tidak cair.

Diakuinya, itu dikarenakan masalah administrasi kependudukan, seperti adanya perbedaan antara Nomor Kartu Keluarga, NIK KTP-el dan masih ada Kartu Keluarga yang sudah jadul.

Namun dirinya menambahkan, bahwa yang tidak cair Program Sembakonya, Dia berharap agar tidak putus asa, hal ini dikarenakan pihak Pemdes Cikupa sedang berusaha semaksimal mungkin dengan pendataan dan diupdate kembali datanya melalui aplikasi SIKSNg.

“kami sedang berusaha semaksimal mungkin melakukan pendataan kembali di aplikasi SIKSNg,” pungkasnya.

Penyaluran bantuan sembako atau BPNT pada bulan Februari 2021 ini, turut dihadiri pula dari pihak Kecamatan, TKSK, Perangkat Desa juga Babinsa dan Bhabhinkamtibmas Desa Cikupa Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Penulis : Iman/PanduDesa

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Tinggalkan Balasan