Banjir di Desa Cikupa Tasikmalaya, Rendam Ratusan Rumah Warga Hingga 1 Meter

Banjir di Desa Cikupa Tasikmalaya, Rendam Ratusan Rumah Warga Hingga 1 Meter

Cikupa-karangnunggal.desa.id – Ratusan rumah dan akses jalan Desa Cikupa, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, terendam banjir, Senin (13/9/2021).

Banjir terjadi akibat meluapnya Sungai Cilangla lantaran tak kuat menampung debit air  setelah diguyur hujan semalaman.
Ketinggian banjir bervariasi, mulai 25 sentimeter hingga kurang lebih dari 1 meter.

Akibatnya, akses jalan terputus dan sebagian warga yang rumahnya terendam memilih mengungsi karena khawatir ketinggian air terus bertambah.

Menurut salah seorang warga, Didi, hujan mengguyur semalaman hingga terjadi akibat luapan Sungai Cilangla. Banjir di desa tersebut memang sudah langganan dan sering terjadi apabila terus menerus diguyur hujan.

“Kami berharap pemerintah segera memberikan solusi berupa pemeliharaan dan perbaikan jalur irigasi agar bencana banjir tak kembali terjadi,” kata Didi.

Sementara itu, menurut Ketua BPD Desa Cikupa, Yayat Supriatna, meluapnya Sungai Cilangla terjadi adanya sedimentasi. Sehingga bendungan sungai terjadi pendangkalan. Sebelum ada bendungan sungai, di desa tersebut belum pernah terjadi banjir.

Sebagian warga sempat mengungsi serta mengevakuasi barang-barang untuk ditempatkan ke tempat yang lebih tinggi,” ujar Yayat.

Saat ini, ketinggian air banjir sudah berangsur surut. Petugas dari BPBD Kabupaten Tasikmalaya berupaya membantu warga yang terdampak dengan berpatroli berkeliling desa.

Selain mengevakuasi warga menggunakan perahu karet serta memberikan paket makanan. (Inews)

About Pemdes Cikupa 279 Articles
Hayu Ngamajukeun Desa

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan