Sejarah Desa

cikupa.sidekaid-Desa Cikupa adalah salah satu dari 14 desa yang berada di wilayah administratif Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya. Desa Cikupa terletak di wilayah Tasikmalaya Selatan atau sekitar 40 kilometer  dari Kota Tasikmalaya. Desa ini dapat ditempuh menggunakan kendaraan umum dari Kota Tasikmalaya selama kurang lebih 1,5 jam atau 1 jam jika menggunakan kendaraan pribadi.

Termasuk ke dalam wilayah dataran rendah menjadikan Desa Cikupa memiliki kontur tanah yang cenderung datar dengan beberapa perbukitan. Pertanahan di desa ini didominasi oleh sawah, sebagai mata pencaharian utama warga setempat. Sebab wilayahnya yang tidak jauh dari pantai, desa ini memiliki iklim yang cenderung panas dan tingkat kelembaban yang cukup tinggi.

Desa Cikupa terbagi atas 6 kedusunan besar, yaitu: Dusun Mekarsari, Dusun Mekarjaya, Dusun Cikaret, Dusun , Dusun Datarkadaka, Dusun Kendeng, dan Dusun Cikupa, Setiap dusun dikepalai oleh kepala dusun atau disebut dengan Kepala Punduh oleh warga lokal. Setiap dusun memiliki 2 RW dan terbagi ke dalam beberapa RT lagi.

Demikianlah overview dari Desa Cikupa. Dengan banyak potensi di dalamnya, terutama di bidang pertanian, perkebunan dan juga peternakan, desa ini diharapkan menjadi salah satu desa percontohan di Karangnunggal, maupun di Tasikmalaya.